Abdimas S1 Administrasi Bisnis Tel-U di SMKN 6 Bandung dalam Penyusunan Strategi Pemasaran


SMK merupakan sekolah vokasi yang mencetak lulusan siap bekerja. Penyelenggara SMK oleh swasta dan pemenerintah. Salah satu SMKN 6 Kota Bandung mencetak lulusan 6 jurusan berhadapan dengan permasalah tidak semuanya terserap pasar kerja. Sekolah membekali hardskill dan softskill. Mata pelajaran Kewirausahaan merupakan yang memberikan pengetahuan dan spirit kewirausahaan. Kompetensi siswa SMKN 6 dalam bidang kewirausahaan memerlukan kompetensi menyusun strategi pemasaran dari produk dan jasa yang mereka hasilkan. Tujuan dari pengabdian masyarakat adalah untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam bidang kewirausahaan dan pemasaran.  Adapun metode yang digunakan adalah memberikan pelatihan serta penyuluhan terhadap siswa SMK menggunakan presentasi, dan experiential learning mengenai strategi pemasaran. Hasil yang diharapkan dari pelatihan ini adalah siswa memiliki kompetensi menyusun strategi pemasaran.

SMK Negeri 6 Bandung merupakan sekolah menengah kejuruan negeri yang berada Jl. H Hasan, Komplek Riung Bandung RT 05 RW 10, Kelurahan Cisaranten Kidul, Kecamatan Gedebage, Rancasari, Kota Bandung, Jawa Barat 40292.

Kepala sekolah bernama Bapak Drs. H. R. Muhammad Lukman, M.Si. Masa pendidikan di SMK Negeri 6 Bandung ditempuh dalam waktu tiga tahun pelajaran, mulai dari kelas X hingga kelas XII, seperti pada umumnya masa pendidikan sekolah menengah kejuruan di Indonesia.

Akreditasi “A” sudah diraih oleh SMKN 6 yang memiliki 185 guru  yang mendidik 2.360 siswa laki-laki, 391 siswa perempuan, dan 82 rombongan belajar. Proses pembelajaran mengacu kurikulum tahun 2013, yang diselenggarakan 5 hari penuh.

Jurusan yang tersedia di SMK Negeri 6 Bandung adalah sebagai berikut.

  1. Teknik Kontruksi Kayu
  2. Teknik Gambar Bangunan
  3. Teknik Instalasi Tenaga Listrik
  4. Teknik Pemesinan
  5. Teknik Kendaraan Ringan
  6. Teknik Audio-Video


Leave a Reply